Rabu, 14 Oktober 2015

Bermula dari Ide Membangun Private Fund


Bagi yang lebih paham dan lebih menguasai, mohon jangan ragu memberikan saran atau pendapat.

Memulai private fund lebih ringan didengar daripada dilakukan. Atau, ini hanya ide gila dari penulis saja. Tapi, bagaimanapun, jika Anda memiliki ide investasi brilian tapi belum mencobanya, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Berbicara tentang private fund, banyak teori dan pendekatan yang bisa diambil. Berliku-liku memang. Tapi, jika Anda masih memiliki hati untuk memulaiya, inilah yang dibutuhkan.

Pertama: Strategi?
Investor Anda akan ingin tahu persis bagaimana Anda berencana untuk membuat profit dari uang mereka. Anda perlu menunjukkan bahwa Anda memiliki cara yang berbeda melaksanakan strategi-strategi pencarian profit.

Punya Rekam Track?
Anda juga harus membuktikan bahwa strategi Anda telah bekerja di masa lalu di berbagai kondisi yang berbeda. Ini lebih sulit daripada yang terlihat. Investor institusional biasanya mencari private fund denga track record tiga tahun.

Punya Uang?
Anda harus memiliki investor awal. Dana awal tersebut bisa datang dari:
Uang Anda sendiri
Teman dan keluarga
Kantor Keluarga
Dana pensiun dan lembaga

Investor ingin melihat bahwa kumpulan dana private fund juga sebagian berasal dari pengelola (manajer investasi) sehingga akuntabilitas dan kredibilitasnya terjamin.

Pengelola private fund juga harus memikirkan pendapatan dari model bisnis ini. Di negara maju, struktur pendapatan pengelola private fund bisa dikalkulasi 2:20 yang berarti biaya pengelolaan triwulanan 2% dan biaya kinerja tahunan sekitar 20% dari keuntungan.(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar