Jumat, 10 Juni 2016

Database Industri Kemasan Plastik di Indonesia

Riset Eksklusif Industri Kemasan Plastik ini menampilkan riset eksklusif, analisis, dan data industri kemasan plastik (packaging) di Indonesia mulai dari definisi kemasan plastik, pertumbuhan pasar kemasan plastik, nilai pasar (market size) industri kemasan plastik, keseimbangan produksi (supply) dan permintaan (demand), serta analisis rencana penerapan cukai kemasan plastik dan dampaknya terhadap produsen.

Riset ini dimulai dengan highlights ekonomi nasional, konsep dan defisini industri kemasan plastik, serta segmentasi industri petrokimia hulu-hilir (halaman 2-5). Kemudian di halaman 6 ditampilkan chart (tabel) pertumbuhan nilai pasar (market size) industri plastik, volume penjualan dan pertumbuhan periode 2013-2015. Dari tren penjualan tersebut, 65% di antaranya khusus kemasan plastik dan 35% alat rumah tangga, pipa, furnitur, elektronik, bagian kendaraan dari plastik. (halaman 6)

Pada halaman 7 diulas secara khusus tentang volume penjualan, market size, dan pertumbuhan industri kemasan plastik periode 2013-2015. Tren pertumbuhan cenderung melambat dalam tiga tahun terakhir terpengaruh perlambatan ekonomi global serta sentimen pelemahan harga komoditas terutama minyak mentah.

Pada halaman 8-10, ditampilkan perbandingan produksi dan kebutuhan pasar produk-produk petrokimia hulu-hilir periode 2009-2015. Pada halaman 11-16, duniaindustri.com membuat riset eksklusif terkait rencana pemerintah menerapkan cukai kemasan plastik, mulai dari konsep cukai, peta permasalahan di industri ini. Riset tersebut dilanjutkan pada halaman 17 dengan metode sampling produsen-produsen kemasan plastik terbesar di Indonesia.


Pada halaman 18-30, duniaindustri.com mencoba menganalisis dampak rencana penerapan cukai kemasan plastik terhadap struktur biaya produksi industri kemasan plastik nasional. Caranya, duniaindustri.com membuat sampling struktur biaya produksi perusahaan kemasan plastik yang disesuaikan dengan estimasi dan asumsi cukai kemasan plastik. Metode itu dibandingkan dengan penerapan cukai di industri rokok yang telah lebih dahulu berjalan.

Riset eksklusif sebanyak 33 halaman ini berasal dari BPS, Kementerian Perindustrian, Asosiasi Industri Olefin dan Aromatik Indonesia (INAPLAS), sejumlah perusahaan kemasan plastik nasional, dan diolah duniaindustri.com.

Indeks database industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)

Sumber: di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar